FoKSBI Mengeluarkan Laporan Konsultasi Publik Rencana Aksi Nasional

FEBRUARI 2,2018

Dalam rangka mendapatkan masukan dan komentar dari seluruh pemangku kepentingan terkait, Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FoKSBI) mengadakan serangkaian konsultasi publik untuk Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN KSB) dari tanggal 14 Juli 2017 hingga 7 November 2017. Konsultasi publik ini dilaksanakan di tingkat provinsi, nasional, dan internasional melalui konsultasi daring (online). 

Secara keseluruhan, ada 240 masukan yang diterima dari pemangku kepentingan daerah, nasional, dan internasional, dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Masukan diterima dari berbagai perusahaan perkebunan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) nasional dan internasional, asosiasi pelaku usaha dan pekebun, dan pemerintah tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten.

Untuk membaca laporan konsultasi publik tersebut, silahkan klik di sini untuk mengunduh secara otomatis. 

Dalam laporan ini, bisa dilihat beberapa masukan yang diterima terkait ke tiap komponen di RAN KSB, dan statistik periincian masukan. Di dalam laporan ini juga terdapat penjelasan tentang langkah selanjutnya untuk penyelesaian dan penyempurnaan rencana aksi ini. 

Setelah selesai, RAN KSB ini diharapkan akan menjadi referensi bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mengakselerasi pembangunan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia.